Recent twitter entries...

TUGAS SOFTSKILL PENGANTAR BISNIS PEMASARAN



PEMASARAN

1.     PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN

Pasar adalah sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli  barang dan jasa.  Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.Di pasar sesorang dapat membeli apa saja kebutuhannya dan juga dapat memenuhi hidup dengan cara berjualan. Pasar juga sebagai tempat kegiatan ekonomi.
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

2.     JENIS-JENIS PASAR

 Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya.
·         Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan tampak ditempat dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
·         Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual karena barang tersebut tidak tampak ditempat dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

Jenis pasar menurut cara transaksinya
·         Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
·         Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
  Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya
·         Pasar ikan
·         Pasar daging
·         Pasar buah
·         Pasar sayur
·         Pasar hewan



3.     KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN

Terdapat beberapa konsep inti pemasaran yaitu :
1.      Kebutuhan, Keinginan dan atau Permintaan
2. Barang, Jasa dan Gagasan
3. Nilai, Biaya dan Kepuasan
4. Transaksi dan Pertukaran
5. Hubungan dan Jaringan
6. Pasar, Pemasar dan Prospek.
 
4.     MANAJEMEN PEMASARAN
     Manajemen pemasaran merupakan suatu kegiatan perencanaan dan pengorganisasian tentang bagaimana mendistribusikan suatu  barang dengan penetapan harga-harga dan pengawasan seluruh sistem pemasaran agar tujuan dapat tercapai.

5.     BAURAN PEMSARAN

pemasaran ini terdiri dari 4 macam yang biasa disingkat dengan 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.
a.       Product
Merupakan hasil dari perusahaan yang ditawarkan kepada masyarakat  untuk dilihat, dipegang dan dibeli oleh masyarakat.
b.      Price
Merupakan  nilai ganti untuk memperoleh suatu produk.
c.       Place
Berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.
d.      Promotion
Kegiatan memperkenalkan suatu barang kepada masyarakat dengan cara menarik perhatian.

6.     TUJUAN SISTEM PEMASARAN

Sistem pemasaran memiliki tujuan sebagai berikut :
1.      Memaksimalkan konsumsi
2.      Memaksimalkan kepuasan konsumen
3.      Memperkenalkan produk kepada umum agar produk tersebut laku dipasaran dan dapat memberi keuntungan.
4.      Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya, kegiatan promosi tersebut bertujuan untuk menarik para konsumen, dalam bentuk fisik misalkan dengan demo-demo sedangkan maya bisa dilakukan dijejaring sosial .
5.       Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
6.       Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
7.      Memaksimalkan pilihan



7.     PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN

Ada beberapa pendekatan dalam mempelajari pemasaran, diantaranya yaitu :
a.      Pedekatan serba fungsi (functional approach)
Pendekatan ini mencakup penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, dan pembelanjaan
b.       Pendekatan Serba Lembaga
Dalam pendekatan ini, Pemasaran dipelajari dari segi organisasi lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
c.       Pendekatan Serba Barang
Pendekatan ini mempelajari tentang bagaimana barang-barang dapat berpindah dari sisi produksi ke konsumen akhir.




Comments (0)

Posting Komentar