PEMASARAN
1. PENGERTIAN
PASAR DAN PEMASARAN
Pasar
adalah sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi
jual-beli barang dan jasa. Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang
yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga
barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.Di pasar
sesorang dapat membeli apa saja kebutuhannya dan juga dapat memenuhi hidup dengan
cara berjualan. Pasar juga sebagai tempat kegiatan ekonomi.
Pemasaran adalah
proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan
untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
2. JENIS-JENIS PASAR
Jenis pasar menurut bentuk
kegiatannya.
·
Pasar
Nyata.
Pasar
nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan tampak
ditempat dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar
swalayan.
·
Pasar
Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak
menawar barang-barang yang akan dijual karena barang tersebut tidak tampak
ditempat dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan
surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar
valuta asing.
Jenis
pasar menurut cara transaksinya
·
Pasar
Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional
dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung.
Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan
pokok.
·
Pasar
Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana
barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri.
Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern
lainnya.
Jenis –
Jenis Pasar menurut jenis barangnya
·
Pasar ikan
·
Pasar daging
·
Pasar buah
·
Pasar sayur
·
Pasar hewan
3.
KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
Terdapat
beberapa konsep inti pemasaran yaitu :
1.
Kebutuhan, Keinginan dan atau
Permintaan
2.
Barang, Jasa dan Gagasan
3.
Nilai, Biaya dan Kepuasan
4.
Transaksi dan Pertukaran
5.
Hubungan dan Jaringan
6.
Pasar, Pemasar dan Prospek.
4. MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran merupakan suatu
kegiatan perencanaan dan pengorganisasian tentang bagaimana mendistribusikan
suatu barang dengan penetapan
harga-harga dan pengawasan seluruh sistem pemasaran agar tujuan dapat tercapai.
5. BAURAN PEMSARAN
pemasaran ini terdiri dari 4 macam
yang biasa disingkat dengan 4P, yaitu Product, Price, Place, dan
Promotion.
a.
Product
Merupakan hasil dari perusahaan yang ditawarkan kepada
masyarakat untuk dilihat, dipegang dan
dibeli oleh masyarakat.
b.
Price
Merupakan nilai ganti
untuk memperoleh suatu produk.
c.
Place
Berbagai
kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan
tersedia bagi pasar sasaran.
d.
Promotion
Kegiatan memperkenalkan suatu barang kepada masyarakat
dengan cara menarik perhatian.
6. TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Sistem
pemasaran memiliki tujuan sebagai berikut :
1.
Memaksimalkan
konsumsi
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
3. Memperkenalkan
produk kepada umum agar produk tersebut laku dipasaran dan dapat memberi
keuntungan.
4. Melakukan
Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya, kegiatan promosi tersebut
bertujuan untuk menarik para konsumen, dalam bentuk fisik misalkan dengan
demo-demo sedangkan maya bisa dilakukan dijejaring sosial .
5. Mendukung Penjualan hingga terjadinya
penjualan
6. Melakukan pemetaan terhadap pasar (market
share, dsb)
7. Memaksimalkan pilihan
7. PENDEKATAN DALAM
MEMPELAJARI PEMASARAN
Ada
beberapa pendekatan dalam mempelajari pemasaran, diantaranya yaitu :
a.
Pedekatan serba fungsi (functional approach)
Pendekatan ini mencakup penjualan, pembelian,
pengangkutan, penyimpanan, dan pembelanjaan
b. Pendekatan Serba Lembaga
Dalam pendekatan ini, Pemasaran dipelajari dari segi organisasi lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
Dalam pendekatan ini, Pemasaran dipelajari dari segi organisasi lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
c.
Pendekatan Serba Barang
Pendekatan ini mempelajari tentang bagaimana barang-barang dapat berpindah dari sisi produksi ke konsumen akhir.
Pendekatan ini mempelajari tentang bagaimana barang-barang dapat berpindah dari sisi produksi ke konsumen akhir.


Comments (0)
Posting Komentar